Posted by: gudanginformasianda | March 5, 2009

JADWAL MAULID NABI MUHAMMAD SAW 2009

jadwal-maulid-akbar

Posted by: gudanginformasianda | March 3, 2009

Pengalaman tes PLN dari teman… :)

Berbagi Pengalaman Tes Rekrutmen Pegawai PLN

Alhamdulillah setelah 5x mencoba, akhirnya Allah memberikan jawaban dari setiap doa & usaha yang telah Sun lakuin. YAKIN & SABAR merupakan salah satu cara yang dapat memacu semangat untuk dapat mencoba dan mencoba lagi walau kita tidak tau akan berhasilkah atau belum berhasilkah usaha yang telah kita lakukan.

Untuk para alumni STT-PLN yang masih punya kesempatan dan keinginan untuk dapat bekerja di PLN mengingat persaingan di dunia pencari kerja semakin ketat, Sun ada beberapa pendapat yang mungkin dapat membantu dalam proses rekrutmen:

Namun sebelum tes, diwajibin buat mantepin niat & berdoa, gak usah ngotot harus lolos, let it flow aja biar Allah yang nentuin. OK…

Tahap 1 (GAT)

Untuk tes GAT yang dibutuhin hanya kecepatan berfikir dalam menentukan gambar, bentuk, antonim, sinonim, deret dan sebagainya yang merupakan jawaban dari pertanyaan yang disuguhkan. Gak perlu mikir terlalu lama dalam 1 pertanyaan saja karena masih banyak pertanyaan yang dapat dikerjakan, kalo merasa susah dalam 1 pertanyaan mending ditinggal aja or langsung nembak aja daripada bikin pusing. Gak perlu semua jawaban diisi yang penting kalo sudah ngerasa yakin 60% dari setiap bagian pertanyaan yang dikerjain bener, insya Allah lolos ditahap ini. Amin…

Tahap 2 (Bahasa Inggris & Akademik)

Nah kalo tahap ini:

Buat bahasa Inggris disaranin banyak latihan TOEFL or nonton film barat tapi teks Indonesianya jangan dibaca or banyak nyanyi lagu-lagu barat aja tapi ngerti liriknya jangan cuman na…na…na…na… doank walau suaranya pasti false.

Trus buat akademik, yah disaranin belajar walau cuman sedikit or coba nginget-nginget pelajaran waktu kuliah dulu. Bagi yang kuliahnya angin-anginan, yah banyak zikir or ngitung kancing baju aja deh (bagi yang bajunya ada kancingnya) waktu ngerjain soal akademik, siapa tau lagi mujur. Soal akademik dari tahun ketahun selalu sama or serupa walau tak sama, asalkan jabatan yang dipilih waktu ngelamar sama.

Mudah-mudahan bisa lolos lagi ditahap ini. Amin…

Tahap 3 (Psikotest & Diskusi Kelompok)

Nah tahap ini yang menurut Sun perlu persiapan extra secara Sun 3x belum berhasil lolos, selain itu Sun juga seorang yang PENDIAM (bingung juga kalo ngadepin diskusi kelompok), tidak sombong, ramah, rajin menabung dan suka membantu orang tua. Setelah dipelajari dan dianalisa, ternyata hal tersebut dikarenakan kurang pahamnya diriku dalam memahami apa sih tujuan dalam test ini sebenarnya.

Ada hal-hal yang perlu diperhati’in saat ngerjain psikotest (tes kepribadian), antara lain:

1. Penjumlahan 2 angka ke bawah (Pauli Test), tes ini dilakuin buat ngeliat bagaimana semangat kita dalam mengerjakan sesuatu (mangkannya dikerjain pertama kali tes). Saran dari Sun, yah ngerjainnya nyantai aja, gak perlu buru-buru biar ampe 2 lembar juga gak ngaruh. Yang diliat adalah grafik yang diperoleh dari banyaknya angka yang dijumlah, kalo bisa grafiknya NAIK jadi makin ke belakang angka yang dijumlah makin banyak. Kalo grafiknya NAIK berarti anda mempunyai semangat yang bagus. Cayo…

2. Trus bikin gambar dari titik dan garis yang sudah ada di kertas, terserah mau gambar apa aja (ada wujudnya) yang penting adalah urutan gambar yang dibuat trus ditambah keterangan, gambar mana yang mudah(M), sulit(S), disuka(+) dan tidak disukai(-). Bagi yang laki-laki sebaiknya mulai dari bentuk garis-garis yang lurus baik vertikal maupun horizontal trus bagi perempuan sebaiknya mulai dari bentuk garis yang melengkung-melengkung. Hal yang dituju dalam tes ini adalah sifat maskulin atau feminimkah yang dimiliki orang tersebut, kalo keterangan M, S, + dan – ini nunjukin poin tambahan apakah anda seseorang yang bersifat teknis, dinamis, fleksibel dan sebagainya dari gambar yang anda pilih. Untuk keterangan lebih lengkap ada kok dibuku Psikotest (Sun aja minjem).

3. Selanjutnya kita disuruh gambar orang dan pohon. Hal yang dituju dalam tes ini adalah kelengkapan gambar (nunjukin apakah anda seseorang yang detail or gak). Kalo gambar orang, usahain seluruh anggota badan tergambar dan segala aksesorisnya (baju, sepatu, tas dan lain-lain) buat nunjukin statusnya, trus kalo gambar pohon, yah yang lengkap gambarnya (akar, batang, daun, ranting, buah dan lain-lain).

4. Double choice, kita diberikan dua pernyataan sifat, mau gak mau or suka gak suka kita diminta buat milih 1 dari 2 pernyataan yang ada. Yang penting di sini adalah kita harus jujur dan konsekuen pada diri kita sendiri, kalo emang anda seorang yang pendiam yah pilih pernyataan yang pendiam tapi kalo anda seorang yang suka memimpin maka anda pilih pernyataan bahwa anda seorang pemimpin dan berbagai penyataan lainnya (banyak Bo…). Timbul permasalahan, misal ada 2 pernyataan yang satu isinya bagus banget sedang yamg satunya lagi biasa aja, kalo emang yang bagus itu bukan dirimu, yah lebih baik anda pilih yang biasa aj, karena dalam tes ini gak ada jawaban bagus-biasa or bener-salah. Kejujuran dinilai dalam tes ini, karena hal itu akan terlihat saat diskusi kelompok dan wawancara kalo lolos. Amin…

Untuk diskusi kelompok, saran yang bisa Sun kasih adalah berusaha jadi diri sendiri sesuai dengan psikotest yang sudah anda lakukan sebelum diskusi kelompok, karena akan dicocokkan apakah sifat anda sesuai antara psikotest dan diskusi kelompok. Misal saat psikotest anda milih bahwa anda seseorang yang suka menarik perhatian orang lain tapi pada saat diskusi kelompok, anda sama sekali tidak ada daya tariknya (kan lucu, ha… ha… ha…).

Hal yang dibahas biasanya berkisar tentang kasus or masalah yang ada di masyarakat. Bagi orang yang sedikit PENDIAM (seperti diriku), saat diskusi diusahakan suara anda terdengar walau hanya sekali bicara, anda berusaha manfaatin waktu walau hanya 1 detik saja untuk dapat mengutarakan pendapat anda. Anda berusaha masuk dalam pengutaraan pendapat saat peserta diskusi yang lain tidak ada yang bicara (walau cuma 1-2 detik). Bagi seseorang yang sulit berpendapat, konsentrasi pada diri sendiri itu penting, entah disadari atau tidak kita sadari saat peluang & kesempatan untuk memulai berpendapat tiba-tiba muncul maka usahakan sebaik mungkin untuk diutarakan walau banyak diselingi dengan kata em… em… em… (apa sih gak jelas, please deh!!!)

Bagi yang suka atau sering berdiskusi, saat tes ini dihimbau untuk jangan terlalu OVER hingga timbul perdebatan sengit karena hal itu bisa ngerugi’in diri sendiri dan orang lain (kan kasian tau).

Trus hasil diskusi baik yang pribadi maupun yang kelompok hendaknya ditulis di kertas yang sudah disediakan dengan rapi, jelas dan sistematis biar enak aja dibacanya.

Insya Allah bisa lolos lagi ketahap selanjutnya. Amin…

Tahap 4 (Wawancara)

Aduh makin deg-deg’an aja nih menuju tahap wawancara. Penampilan diusahakan rapi, jaga sikap dan sopan santun saat akan memulai dan selesai wawancara dengan salam dan jabat tangan. Dalam wawancara anda hanya diminta untuk menceritakan diri anda, berusahalah untuk bersikap jujur dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan baik user maupun konsultan. Jangan melebih-lebihkan jawaban yang akan anda utarakan. Proses wawancara akan direkam dalam bentuk kaset. Usahakan buat suasana menjadi rileks dan menyenangkan, jangan grogi (tapi tetep aja susah buat diriku).

Materi wawancara berkisar antara lain tentang kelebihan dan kekurangan yang ada dalam diri anda, cara mengatasi kekurangan anda, kegiatan anda selama kuliah sampai sekarang, mencocokkan sifat antara hasil psikotest yang telah anda lakukan sebelumnya dengan jawaban lisan saat wawancara, jiwa sosial apa yang sering or pernah anda lakukan, pengalaman kerja (kalo gak punya juga tidak mengapa, karena gak ngaruh walau punya segambreng pengalaman kerja tetep aja kalo gak lolos ya sutralah…) dan disinggung juga sedikit tentang Tugas Akhir yang anda kerjakan saat kuliah. Biasanya saat terakhir proses wawancara anda akan diminta untuk menanyakan hal apa saja baik kepada user or konsultan sebagai penutup (kalo ada, kalo gak ada pertanyaan juga tak mengapa, no problem).

Semoga anda bisa lolos dan dapat menuju tahap terakhir. Amin…

Tahap 5 (Kesehatan)

Tes kesehatan adalah tes penentuan apakah anda dapat diterima sebagai calon pegawai PLN or tidak meskipun masih banyak lagi tahap setelah itu (prajabatan dan monitoring selama ± 1 tahun).

Kesiapan fisik sangat dibutuhin ditahap ini. Usahain untuk melakukan pola hidup sehat dalam kurun waktu yang cukup lama, jangan dadakan 1 minggu aja karena gak akan ngaruh banyak ke body kita. Banyak olahraga minimal lari tiap minggu sekali ke tempat-tempat yang banyak pohonnya, jangan dipinggir jalan raya, trus banyak makan buah dan sayur (pokoknya 4 sehat 5 sempurna), kurangin makan junk food, jangan ngerokok or kurangin konsumsi rokok bagi smoker dan sebagainya.

Sebelum tes diwajibin kepada para peserta untuk berpuasa (tapi boleh minum air putih) mulai dari jam 22.00 WIB sampai pelaksanaan tes esok paginya (disaranin untuk minum air putih yang banyak walaupun akan menderita bolak-balik WC tuk pipis tapi itu bagus “warna urine akan semakin bening”, berguna buat membersihkan isi dalam tubuh, kan urinenya mau diperiksa).

Yang diperiksa dalam tes kesehatan antara lain urine, darah, fisik luar (tinggi, berat badan, dan sebagainya), tekanan darah, denyut nadi, jantung, paru-paru, mata (+, -, silinder, buta warna), pendengaran, wawancara apakah punya penyakit turunan or gak dan biasanya ada tes tambahan yaitu barany chair (kursi putar) (untuk direct shopping) buat ngeliat apakah anda punya penyakit epilepsi, kejang dan lain-lain yang berhubungan dengan saraf di kepala karena kepala terasa pusing saat kursi diputar.

Biasanya bagi peserta yang belum lolos saat tes kesehatan (untuk rekrutmen umum) maka akan diberikan kesempatan lagi untuk melakukan tes kesehatan dilain waktu (ditentukan oleh pihak PLN). Kalo Sun boleh saran sih, mendingan sebelumnya kita melakukan tes kesehatan secara pribadi aja di Klinik or Rumah Sakit terdekat supaya kita tau apa yang kurang dalam diri kita (entah tekanan darah, kolesterol, kadar gula, dan sebagainya yang kita miliki bermasalah) karena kita tidak tau kenapa kita tidak lolos tes kesehatan yang dilakukan oleh pihak PLN (data kita dirahasiakan pihak PLN, jadi kita tidak tau apa yang terjadi pada tubuh kita). Kalo sudah tau kekurangan kita, maka kita berusaha untuk merubahnya dengan melakukan anjuran or saran yang diberikan Dokter kepada kita agar kita mendapatkan kesehatan yang prima.

Jangan ngeremehin tes kesehatan karena banyak peserta yang blom berhasil lolos tes rekrutmen PLN meski sampe berkali-kali, padahal sudah sampe tahap akhir (kesehatan), kan kasian tau…

Insya Allah kalo dilaksanain sungguh-sungguh anda akan bisa berhasil lolos dalam proses rekrutmen pegawai PLN walau panjang bener dan lama sekali prosesnya, apalagi waktu nunggu hasilnya (please deh lambreta banget kan deg-deg’an tau, mangkannya harus sabar). Amin…

*****

Note:

Hanya itu saja yang dapat Sun sampein buat para alumni STT-PLN, semoga bisa bermanfaat dan dapat membantu anda sekalian untuk dapat bergabung bekerja, berkarya dan berkarir di PLN.

Sukses untuk para alumni STT-PLN dan mari menciptakan ketenagalistrikan di Indonesia yang lebih baik lagi, baik sistem maupun SDMnya.

Sun turut bersimpati untuk para alumni STT-PLN yang sudah tidak bisa lagi mencoba ikut serta dalam proses rekrutmen PLN (karena batasan umur), semoga anda dan juga orangtua anda (pastinya) tidak merasa kecewa, mungkin Allah memberikan jalan lain untuk kesuksesan hidup anda.

Semoga Berhasil & Sukses

Ikatan Alumni STT-PLN

SUNTORO (2002-11-071)

Posted by: gudanginformasianda | June 7, 2008

Potensi Biofuel dari Jerami

JAKARTA, KAMIS – Di sejumlah besar daerah jerami   masih   dianggap sampah bahkan akhirnya berakhir dengan dibakar karena tak bermanfaat. Padahal, produk sampingan dari usaha pertanian padi tersebut sebenarnya punya potensi besar sebagai bahan dasar biofuel, bahan bakar ramah lingkungan. Tidak hanya akan memberikan nilai tambah, pemanfaatan jerami juga mencegah pelepasan karbon ke atmosfer saat terbakar. Siklus karbon ke atmosfer dapat diperpanjang dengan mengubahnya menjadi biofuel.

Terobosan tersebut telah dilirik produsen ethanol di China. Apalagi, sebagai salah satu negara terbesar, setiap tahun sekitar 230 juta ton batang jerami dibuang begitu saja.

Tiga fasilitas pengolahan jerami menjadi biofuel telah dibangun sampai saat ini.

Namun, untuk mengolah jer ami bukan hal yang mudah. Batang jerami yang kaya selulosa tidak mudah terurai bakteri yang biasa dipakai dalam proses pembuatan biomassa. Para peneliti memanfaatkan larutan alkali sodium hidroksida untuk melunakkannya sebelum proses fermentasi atau peragian. “Semuanya dilakukan pada suhu kamar, tanpa energi tambahan, dan butuh sedikit air, sehingga secara keseluruhan prosesnya sederhana, cepat, efektif biaya, dan ramah lingkungan,” ujar Xiujin Li dari Universitas Teknologi Kimia Beijing.

Metode yang sama sebenarnya juga sudah digunakan untuk memproduksi ethanol di lebih dari 30 negara. Namun, bahan yang diolah adalah tebu, jagung, dan kedelai yang notebene merupakan sumber pangan utama manusia, bukan bahan buangan.

Sementara di China, jerami diolah agar menghasilkan biogas. Penggunaan larutan tersebut telah terbukti meningkatkan produksi campuran gas methan dan karbon dioksida hingga 65 persen. Residu atau sampah olahannya juga bermanfaat sebagai kompos.

“Dengan cara ini, jerami benar-benar didaur ulang seluruhnya,” ujar Li. Memang masih ada gas karbon diosida yang dilepaskan, namun kadarnya tak sebesar jika jerami dibakar.

Pilot proyek tiga pabrik dibiayai sepenuhnya oleh Pemerintah China melalui Program Riset dan Pengembangan Teknologi Tinggi. Sebagai negara agraris penghasil padi, bukankah teknologi semacam ini sangat tepat di Indonesia daripada menggunakan singkong atau kelapa sawit. (sumber Kompas.com)

Posted by: gudanginformasianda | June 7, 2008

Lubang Biopori Untuk Mengatasi Banjir

SABTU, 16 FEBRUARI 2008 | 19:33 WIB JAKARTA, SABTU – Banjir seolah telah menjadi pemandangan rutin di Jakarta. Setiap kali hujan mengguyur, sejumlah lokasi dan pemukiman penduduk di kota Jakarta sudah bisa diprediksi akan muncul genangan-genangan air.

Hal tersebut tidak lepas dari semakin minimnya daerah resapan air akibat alih fungsi menjadi pemukiman penduduk. Sebagian besar tanah di Jakarta telah tertutup oleh beton. Tidak ada lagi celah bagi air hujan diserap oleh tanah, sementara sungai yang menjadi satu-satunya tempat pembuangan air juga tidak mampu menampung air hujan.

Selain mudah dibuat, LRB merupakan teknologi tepat guna yang ongkos pembuatannya murah. Setiap orang mungkin bisa membuatnya. Pada dasarnya, lubang biopori merupakan lubang vertikal ke dalam tanah yang berfungsi meningkatkan laju peresapan air hujan. Pembuatan lubang resapan biopori ke dalam tanah secara langsung akan memperluas bidang permukaan peresapan air, seluas permukaan dinding lubang.

Lubang resapan biopori ini menurut Kamir jauh lebih efektif dan efisien daripada membangun sebuah sumur resapan karena diameter lubang yang kecil akan mengurangi beban resapan, sehingga, laju peresapan air dapat dipertahankan. Pembuatannya lubang resapan biopori cukup sederhana, murah dan tidak membutuhkan lahan yang luas. Alatnyapun tergolong sederhana berupa bor hasil modifikasi Kamir R. Brata.

Lubang resapan biopori merupakan lubang silindris yang dibuat ke dalam tanah dengan diameter 10-30 centimeter , dengan kedalaman sekitar 100 centimeter atau jangan melebihi kedalaman muka air tanah. Lubang tersebut kemudian diisi oleh sampah organik agar terbentuk biopori dari aktivitas organisme tanah dan akar tanaman. Sampah organik perlu selalu ditambahkan ke dalam lubang yang isinya sudah menyusut karena proses pelapukan.

Jumlah lubang resapan biopori juga tidak memakan lahan yang cukup luas menurut Kamir untuk daerah dengan intensitas hujan tinggi dan laju peresapan air sekitar 3 liter/menit maka setiap 100 meter persegi luas tanah, lubang biopori yang dibutuhkan sekitar 28 lubang. Jarak antarlubang perlu diperhatikan, minimal setiap lubang diberi jarak 30 cm. Agar lubang tidak rusak, bagian bibirnya diperkuat dengan semen.

Biaya pembuatan lubang resapan biopori ini juga relatif murah. Bor tanah untuk membuat lubang biopori hanya dibanderol Rp175.000 – Rp200.000. Biaya tersebut bisa berkurang bila 1 bor tanah dimiliki bersama oleh beberapa orang. Mau mencoba dengan alat kreasi sendiri? Silakan saja. (Sumber Kompas.com)

Posted by: gudanginformasianda | June 7, 2008

Siap-siap UERO 2008 !

Wah. g nyangka ya dikit lg dah Uero 2008, musti nonton tuh. Kebeneran gue ada jadwalnya. silahkan liat ndiri n beri PREDIKSI ya sapa yang menang!

Jadwal Pertandingan:

Group A

1 Swiss

2 Republik Ceko

3 Turki

4 Portugal

Sabtu, 7 Juni:

– Swiss vs. Republik Ceko

– Portugal vs. Turki

Rabu, 11 Juni

– Swiss vs. Turki

– Republik Ceko vs. Portugal

Minggu, 15 Juni

– Swiss vs. Portugal

– Turki vs Republik Ceko

Group B

1 Austria

2 Kroatia

3 Jerman

4 Polandia

Minggu, 8 Juni

– Austria vs Kroatia

– Jerman vs Polandia

Kamis, 12 Juni

– Austria vs. Polandia

– Kroasia vs. Jerman

Senin, 16 Juni

– Austria vs. Jerman

– Polandia vs. Kroasia

Group C

1 Belanda

2 Italia

3 Perancis

4 Rumania

Senin, 9 Juni

– Rumania vs. Perancis

Minggu, 11 Juni

– Belanda vs. Italia

Jumat, 13 Juni

– Italia vs. Rumania

– Belanda vs. Perancis

Selasa, 17 Juni Zurich Swiss Perancis vs. Italia

Belanda vs. Rumania

Group D

1 Yunani

2 Spanyol

3 Swedia

4 Russia

Selasa, 10 Juni

– Yunani vs. Swedia

Spanyol vs. Russia

Sabtu, 14 Juni

– Yunani vs. Russia

Swedia vs. Spanyol

Rabu, 18 Juni

– Yunani vs. Spanyol

– Russia vs. Swedia

Posted by: gudanginformasianda | June 7, 2008

Rempeyek Kacang

Rempeyek Kacang

Bahan:

1 gls tepung beras
1 gls tepung kanji
± 1 gls santan kental
1 btr telur
½ kg kacang tanah,
½ ltr minyak goreng
1 sdt ketumbar 3 btr kemiri 1 ptg kencur 3 siung bawang putih 1 cm kunyit, digoreng 10 lbr daun jeruk, buang tulang tengahnya Garam secukupnya

Cara membuat:

Tepung beras dan tepung kanji dicampur rata. Campuran tepung ditambahi santan kental sedikit demi sedikit sampai adonan agak kenta Tambahkan dalam adonan, bumbu yang sudah dihaluskan, daun jeruk yang diiris halus, ad Panaskan minyak, dan goreng rempeyek dengan api sedang

Posted by: gudanginformasianda | June 7, 2008

Kesempatan Berkarir di PT. Indonesia Power

Posted by: gudanginformasianda | June 7, 2008

Panel Surya

KONSEP KERJA SISTEM PLTS

Pembangkit listrik tenaga surya itu konsepnya sederhana. Yaitu mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Cahaya matahari merupakan salah satu bentuk energi dari sumber daya alam. Sumber daya alam matahari ini sudah banyak digunakan untuk memasok daya listrik di satelit komunikasi melalui sel surya. Sel surya ini dapat menghasilkan energi listrik dalam jumlah yang tidak terbatas langsung diambil dari matahari, tanpa ada bagian yang berputar dan tidak memerlukan bahan bakar. Sehingga sistem sel surya sering dikatakan bersih dan ramah lingkungan.

Badingkan dengan sebuah generator listrik, ada bagian yang berputar dan memerlukan bahan bakar untuk dapat menghasilkan listrik. Suaranya bising. Selain itu gas buang yang dihasilkan dapat menimbulkan efek gas rumah kaca (green house gas) yang pengaruhnya dapat merusak ekosistem planet bumi kita.

Sistem sel surya yang digunakan di permukaan bumi terdiri dari panel sel surya, rangkaian kontroler pengisian (charge controller), dan aki (batere) 12 volt yang maintenance free. Panel sel surya merupakan modul yang terdiri beberapa sel surya yang digabung dalam hubungkan seri dan paralel tergantung ukuran dan kapasitas yang diperlukan. Yang sering digunakan adalah modul sel surya 20 watt atau 30 watt. Modul sel surya itu menghasilkan energi listrik yang proporsional dengan luas permukaan panel yang terkena sinar matahari.

Rangkaian kontroler pengisian aki dalam sistem sel surya itu merupakan rangkaian elektronik yang mengatur proses pengisian akinya. Kontroler ini dapat mengatur tegangan aki dalam selang tegangan 12 volt plus minus 10 persen. Bila tegangan turun sampai 10,8 volt, maka kontroler akan mengisi aki dengan panel surya sebagai sumber dayanya. Tentu saja proses pengisian itu akan terjadi bila berlangsung pada saat ada cahaya matahari. Jika penurunan tegangan itu terjadi pada malam hari, maka kontroler akan memutus pemasokan energi listrik. Setelah proses pengisian itu berlangsung selama beberapa jam, tegangan aki itu akan naik. Bila tegangan aki itu mencapai 13,2 volt, maka kontroler akan menghentikan proses pengisian aki itu.

Rangkaian kontroler pengisian itu sebenarnya mudah untuk dirakit sendiri. Tapi, biasanya rangkaian kontroler ini sudah tersedia dalam keadaan jadi di pasaran. Memang harga kontroler itu cukup mahal kalau dibeli sebagai unit tersendiri. Kebanyakan sistem sel surya itu hanya dijual dalam bentuk paket lengkap yang siap pakai. Jadi, sistem sel surya dalam bentuk paket lengkap itu jelas lebih murah dibandingkan dengan bila merakit sendiri.

Biasanya panel surya itu letakkan dengan posisi statis menghadap matahari. Padahal bumi itu bergerak mengelilingi matahari. Orbit yang ditempuh bumi berbentuk elip dengan matahari berada di salah satu titik fokusnya. Karena matahari bergerak membentuk sudut selalu berubah, maka dengan posisi panel surya itu yang statis itu tidak akan diperoleh energi listrik yang optimal. Agar dapat terserap secara maksimum, maka sinar matahari itu harus diusahakan selalu jatuh tegak lurus pada permukaan panel surya. Jadi, untuk mendapatkan energi listrik yang optimal, sistem sel surya itu masih harus dilengkapi pula dengan rangkaian kontroler optional untuk mengatur arah permukaan panel surya agar selalu menghadap matahari sedemikian rupa sehingga sinar mahatari jatuh hampir tegak lurus pada panel suryanya. Kontroler seperti ini dapat dibangun, misalnya, dengan menggunakan mikrokontroler 8031. Kontroler ini tidak sederhana, karena terdiri dari bagian perangkat keras dan bagian perangkat lunak. Biasanya, paket sistem sel surya yang lengkap belum termasuk kontroler untuk menggerakkan panel surya secara otomatis supaya sinar matahari jatuh tegak lurus. Karena itu, kontroler macam ini cukup mahal.

PHOTOVOLTAIC

Cara kerja sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya dengan menggunakan Grid-Connected panel sel surya Photovoltaic untuk perumahan : . Modul sel surya Photovoltaic merubah energi surya menjadi arus listrik DC. Arus listrik DC yang dihasilkan ini akan dialirkan melalui suatu inverter (pengatur tenaga) yang merubahnya menjadi arus listrik AC, dan juga dengan otomatis akan mengatur seluruh sistem. Listrik AC akan didistribusikan melalui suatu panel distribusi indoor yang akan mengalirkan listrik sesuai yang dibutuhkan peralatan listrik. Besar dan biaya konsumsi listrik yang dipakai di rumah akan diukur oleh suatu Watt-Hour Meters.

Komponen utama sistem surya fotovoltaik adalah modul yang merupakan unit rakitan beberapa sel surya fotovoltaik. Untuk membuat modul fotovoltaik secara pabrikasi bisa menggunakan teknologi kristal dan thin film. Modul fotovoltaik kristal dapat dibuat dengan teknologi yang relatif sederhana, sedangkan untuk membuat sel fotovoltaik diperlukan teknologi tinggi.

Modul fotovoltaik tersusun dari beberapa sel fotovoltaik yang dihubungkan secara seri dan paralel. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat modul sel surya yaitu sebesar 60% dari biaya total. Jadi, jika modul sel surya itu bisa diproduksi di dalam negeri berarti akan bisa menghemat biaya pembangunan PLTS. Untuk itulah, modul pembuatan sel surya di Indonesia tahap pertama adalah membuat bingkai (frame), kemudian membuat laminasi dengan sel-sel yang masih diimpor. Jika permintaan pasar banyak maka pembuatan sel dilakukan di dalam negeri. Hal ini karena teknologi pembuatan sel surya dengan bahan silikon single dan poly cristal secara teoritis sudah dikuasai. Dalam bidang fotovoltaik yang digunakan pada PLTS, Indonesia ternyata telah melewati tahapan penelitian dan pengembangan dan sekarang menuju tahapan pelaksanaan dan instalasi

Teknologi ini cukup canggih dan keuntungannya adalah harganya murah, bersih, mudah dipasang dan dioperasikan dan mudah dirawat. Sedangkan kendala utama yang dihadapi dalam pengembangan energi surya fotovoltaik adalah investasi awal yang besar dan harga per kWh listrik yang dibangkitkan relatif tinggi, karena memerlukan subsistem yang terdiri atas baterai, unit pengatur dan inverter sesuai dengan kebutuhannya.

Bahan sel surya sendiri terdiri kaca pelindung dan material adhesive transparan yang melindungi bahan sel surya dari keadaan lingkungan, material anti-refleksi untuk menyerap lebih banyak cahaya dan mengurangi jumlah cahaya yang dipantulkan, semi­konduktor P-type dan N-type (terbuat dari campuran Silikon) untuk menghasilkan medan listrik, saluran awal dan saluran akhir (tebuat dari logam tipis) untuk mengirim elektron ke perabot listrik. Cara kerja sel surya sendiri sebenarnya identik dengan piranti semikonduktor dioda. Ketika cahaya bersentuhan dengan sel surya dan diserap oleh bahan semi-konduktor, terjadi pelepasan elektron. Apabila elektron tersebut bisa menempuh perjalanan menuju bahan semi-konduktor pada lapisan yang berbeda, terjadi perubahan sigma gaya-gaya pada bahan. Gaya tolakan antar bahan semi-konduktor, menyebabkan aliran medan listrik. Dan menyebabkan elektron dapat disalurkan ke saluran awal dan akhir untuk digunakan pada perabot listrik.

KOMPONEN – KOMPONEN DARI PLTS3.

1. Solar Module

Dalam bagian ini akan dijelaskan secara singkat komponen utama PLTS yaitu solar module. Setelah menjelaskannya, maka dilanjutkan dengan trend kedepan teknologi yang berkaitan dengan solar module.

2. Apa itu solar cell?

Sebelum membahas sistim pembangkit listrik tenaga surya, pertama-tama akan dijelaskan secara singkat komponen penting dalam sistim ini yang berfungsi sebagai perubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik. Listrik tenaga matahari dibangkitkan oleh komponen yang disebut solar cell yang besarnya sekitar 10 ~ 15 cm persegi. Komponen ini mengkonversikan energi dari cahaya matahari menjadi energi listrik. Solar cell merupakan komponen vital yang umumnya terbuat dari bahan semikonduktor. multicrystalline silicon adalah bahan yang paling banyak dipakai dalam industri solar cell. Multicrystalline dan monocrystalline silicon menghasilkan efisiensi yang relativ lebih tinggi daripada amorphous silicon. Sedangkan amorphus silicon dipakai karena biaya yang relativ lebih rendah. Selain dari bahan nonorganik diatas dipakai pula molekul-molekul organik walaupun masih dalam tahap penelitian.Sebagai salah satu ukuran performansi solar cell adalah efisiensi. Yaitu prosentasi perubahan energi cahaya matahari menjadi energi listrik. Efisiensi dari solar cell yang sekarang diproduksi sangat bervariasi. Monocrystalline silicon mempunyai efisiensi 12~15 %. Multicrystalline silicon mempunyai efisiensi 10~13 %. Amorphous silicon mempunyai efisiensi 6~9 %. Tetapi dengan penemuan metode-metode baru sekarang efisiensi dari multicrystalline silicon dapat mencapai 16.0 % sedangkan monocrystalline dapat mencapai lebih dari 17 %. Bahkan dalam satu konferensi pada September 2000, perusahaan Sanyo mengumumkan bahwa mereka akan memproduksi solar cell yang mempunyai efisiensi sebesar 20.7 %. Ini merupakan efisiensi yang terbesar yang pernah dicapai.Tenaga listrik yang dihasilkan oleh satu solar cell sangat kecil maka beberapa solar cell harus digabungkan sehingga terbentuklah satuan komponen yang disebut module. Produk yang dikeluarkan oleh industri-industri solar cell adalah dalam bentuk module ini.Pada applikasinya, karena tenaga listrik yang dihasilkan oleh satu module masih cukup kecil (rata-rata maksimum tenaga listrik yang dihasilkan 130 W) maka dalam pemanfaatannya beberapa module digabungkan dan terbentuklah apa yang disebut array. Sebagai contoh untuk menghasilkan listrik sebesar 3 kW dibutuhkan array seluas kira-kira 20 ~ 30 meter persegi. Secara lebih jelas lagi, dengan memakai module produksi Sharp yang bernomor seri NE-J130A yang mempunyai efisiensi 15.3% diperlukan luas 23.1m2 untuk menghasilkan listrik sebesar 3.00 kW. Besarnya kapasitas PLTS yang ingin dipasang menambah luas area pemasangan.

Categories